Dampak Gempa Bumi Secara Umum

27958 views

Dampak Gempa Bumi Secara Umum

Jagoan Ilmu, Dampak Gempa Bumi Secara Umum – Tahukah Anda apa dampak gempa bumi? Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali Anda mengunjungi jagoanilmu.net karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang dampak gempa bumi secara umum, dampak postitif gempa bumi dan dampak negatif gempa bumi secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah ini :

Sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang 12 cara mencegah gempa bumi,  Gempa merupakan getaran yang terjadi di permukaan Bumi karena pelepasan energi dari dalam secara mendadak. Fenomena ini menimbulkan gelombang seismik. Gempa bumi yang terjadi di atas 7 pada skala Richter diketahui memiliki banyak efek buruk dan dapat menyebabkan kerusakan parah pada kehidupan dan bangunan. Gempa bumi yang terjadi di bawah 3 pada skala Richter tidak dapat dirasakan.

Gempa bumi yang terjadi antara 3 dan 6 dikatakan ringan. Negara-negara seperti Jepang rentan terhadap gempa bumi karena Jepang termasuk zona seismik tinggi. Saat gempa terjadi di laut, gelombang tsunami akan terus berlanjut. Salah satu bencana tsunami yang paling dahsyat terjadi di Samudera Hindia pada tanggal 26 Desember 2004. Tsunami adalah satu dari beberapa dampak terjadinya gempa bumi.

Dampak Gempa Bumi

Berikut dampak gempa bumi, yakni :

Kerusakan Bangunan

Gempa berkekuatan tinggi bisa menyebabkan runtuhnya bangunan secara total. Puing-puing dari bangunan yang runtuh merupakan bahaya utama dalam gempa karena efek turunnya benda-benda berat dan besar bisa mematikan bagi manusia. Gempa berkekuatan tinggi mengakibatkan pecahan cermin dan jendela, yang juga membawa bahaya bagi manusia.

Kerusakan Infrastruktur

Gempa bumi bisa menyebabkan saluran listrik tumbang. Ini berbahaya karena kabel hidup yang terbuka bisa menyetrum manusia atau menyalakan api. Gempa besar dapat menyebabkan pecahnya jalan, jalur gas, dan jaringan pipa air. Saluran gas yang rusak bisa menyebabkan gas lepas yang dapat mengakibatkan ledakan dan kebakaran, yang mungkin sulit ditangani.

Tanah Longsor dan batuan beku

Saat gempa terjadi, bebatuan besar dan bagian tanah yang terdapat di atas dapat tergelincir, akibatnya, longsor terjadi dengan cepat turun ke lembah. Tanah longsor dan batuan beku bisa menyebabkan kerusakan dan kematian bagi masyarakat yang tinggal di daerah peggunungan.

Gempa Bumi Bisa Mengakibatkan Banjir

Gempa berkekuatan tinggi bisa memicu retakan di dinding bendungan yang kemudian menyebabkan runtuhnya bendungan. Air yang terbendung akan mengirim dan mengamuk ke daerah-daerah terdekat yang menyebabkan banjir besar-besaran.

Gempa Bumi Bisa Memicu Tsunami

Tsunami adalah rangkaian tremor laut yang panjang yang dipicu oleh gempa bumi atau letusan gunung berapi di bawah laut. Tsunami dapat menghapus seluruh wilayah pesisir. Contoh dari gempa dan tsunami adalah yang terjadi pada tanggal 11 Maret 2011 yang melanda pantai Jepang yang menyebabkan lebih dari 18.000 orang tewas. Contoh lainnya adalah peristiwa Tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004.

Pencairan Tanah (Likufikasi)

Pencairan tanah merupakan fenomena dimana tanah menjadi lembek dan kehilangan kekuatannya. Bila sedimen yang terdiri dari kadar air tinggi mengalami getaran konstan, tekanan air yang tertahan di pori sedimen perlahan meningkat. Pada akhirnya, sedimen kehilangan hampir semua kekuatan kohesif dan mulai berakting seperti cairan. Bangunan yang dibangun di atas tanah liat ini tergelincir atau tenggelam ke dalam tanah. Gempa bumi bertanggung jawab atas sebagian besar peristiwia pencairan tanah yang terjadi di seluruh dunia.

Dampak Positif Gempa Bumi

Berikut dampak positif gempa bumi, yakni :

  1. Para ahli dapat membuat struktur perut bumi, karena hanya gelombang gempa yang dapat menerobos lubang perut bumi dengan cara menelurusuri jalur datangnya gempa.
  2. Para ahli bisa mengetahui letak sumber minyak bumi.
  3. Tektonisme akan membentuk relief bumi yang baru
  4. Tektonisme dapat mengangkat mineral tambang ke permukaan bumi.
  5. Vulkanisme dapat menghasilkan mineral-mineral baru yang berguna buat kelangsungan hidup makhluk di bumi.
  6. Vulkanisme dapat menghasilkan bahan bangunan seperti batu, pasir dan sebagainya.
  7. Vulkanisme dapat menghasilkan tanah vulkanis yang subur yang sangat berguna untuk berbagai macam tanaman.
  8. Vulkanisme dapat menghasilkan sumber panas bumi (geothermal)
  9. Seisme dapat digunakan untuk mendeteksi keberadaan barang tambang tertentu.

Dampak Negatif Gempa Bumi

Berikut dampak negatif gempa bumi,yakni :

  1. Membuat banyak orang meninggal
  2. Merusak fasilitas umum
  3. Wilayah menjadi rusak
  4. Banyaknya pengangguran karena kantornya hancur
  5. Berkurangnya sumber daya alam dan sumber daya manusia
  6. Jaringan transportasi dah komunikasi terganggu

Akhir Kata :

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan tentang Dampak Gempa Bumi Secara Umum. Gempa bumi disebabkan pergerakan kerak bumi yang terjadi pada suatu wilayah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

Tags: #Dampak gempa bumi #Geografi #geography

Leave a reply "Dampak Gempa Bumi Secara Umum"

Author: 
author
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.