Ciri-ciri Mitokondria, Struktur, dan Fungsi Bagian-Bagian Mitokondria

Ilmu Area, Ciri-ciri mitokondria – Mitokondria adalah salah satu organel sel dan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup, selain fungsi selular lain, seperti metabolisme asam lemak, homeostasis kalsium, transduksi sinyal selular, biosintesis pirimidina, dan penghasil energi yang berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme.

Salah satu stuktur mitokondria memiliki 2 lapisan membran, yaitu lapisan membran luar serta lapisan membran bagian dalam. Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan tentang mitokondria berikut ini.

Mitokondria

Ciri-ciri Mitokondria

Mitokondria berisi sejumlah enzim dan protein yang membantu proses metabolisme karbohidrat dan lipid (lemak). Fungsi utama bagian-bagian mitokondria adalah respirasi sel. Respirasi sel adalah proses kimiawi untuk melepaskan energi yang tersimpan dalam glukosa. Dalam mitokondria terdapat 2 membran, yaitu ruang intermembran dan matriks. Baca Juga Pengertian Bakteri

Mitokondria memiliki ruang diantara kedua membran tersebut yang disebut dengan ruang intermembran. Ruangan ini sempit serta selektif. Membran bagian luar tidak dapat dilalui oleh molekul kecil dan tidak dapat dilalui oleh protein dan molekul yang berukuran besar. Berikut adalah beberapa ciri-ciri mitokondria, antara lain :

  1. Berada di dalam sel eukariotik.
  2. Umumnya berbentuk lonjong.
  3. Berdiameter sekitar 0,5 µm dengan panjang antara 0,5 sampai 1 µm.
  4. Satu-satunya organel yang memiliki dua lapis membran yaitu membran dalam dan membran luar.
  5. Terdapat ruangan yang disebut matriks. Pada matriks terkandung enzim dan protein.
  6. Terdapat lipatan-lipatan yang disebut cristae (krista).
  7. Kebanyakan sel hanya memiliki satu sel. Sel yang memiliki banyak mitokondria dapat dijumpai di jantung, hati, dan otot. Ini dikarenakan karena sel di bagian tersebut paling banyak membutuhkan energi.
  8. Pada bagian luar terdapat pori-pori sehingga dapat bersifat permeabel.
  9. Memiliki sistem genetika sendiri berupa ribosom, mtDNA, dan rRNA. Sistem genetik mitokondria lebih mirip dengan dimiliki bakteri (prokariot) dibandingkan dengan inti sel nya sendiri. Hal ini menimbulkan munculnya hipotesis bahwa mitokondria adalah makhluk hidup yang bersimbiosis dengan sel eukariotik.
  10. Mirip dengan α-Proteobacteria pada makhluk hidup prokariotik.

Selain ciri mitokondria, kita juga harus mengetahui struktur beserta gambar mitokondria, antara lain :

Ciri-ciri Mitokondria

  1. Membran Luar : Membran ini tersusun atas fosfolipid bilayer yang bersifat semi permeable dan mengandung protein porin. Lapisan ini dapat dilewati (permeable) oleh ion-ion, ATP (Adenosina trifosfat), ADP (Adenosina difosfat), dan molekul-molekul nutrisi.
  2. Membran Dalam : Merupakan membran kompleks tapi permeable yang terbentuk dari molekul-molekul kompleks transpor elektron, kompleks ATP sintase, dan transport protein.
  3. Krista : Krista adalah lipatan yang terdapat di membran dalam mitokondria. Fungsi krista membantu perluasan struktur membran dalam sel ketika dibutuhkan ruang untuk lebih banyak molekul-molekul DNA mitokondria.
  4. Ruang Antar Membran : Merupakan ruang yang terdapat di antara membran luar dan membran dalam.
  5. Ruang antar membran bertanggung jawab atas fosforilasi oksidatif.
  6. Matriks : fungsi matriks pada mitokondria, berisi molekul-molekul DNA (bertanggung jawab atas respirasi sel), enzim-enzim (bertanggung jawab atas siklus reaksi asam sitrat), gas-gas terlarut (seperti oksigen & karbon dioksida), dan air.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Ilmu Area bagikan, tentang Ciri-ciri mitokondria, struktur dan fungsi bagian-bagiannya, dimana mitokondria berisi sejumlah enzim dan protein yang membantu proses metabolisme karbohidrat dan lipid (lemak). Sekian dan terima kasih telah mengunjungi ilmuarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.