Ini Dia, 10 Ciri-Ciri Mamalia dan Contohnya

By | January 17, 2019

Ilmu Area, Ciri-ciri mamalia – Tahukah Anda, ciri-ciri mamalia ?, Hewan mamalia adalah jenis hewan yang biasa dikenal dengan hewan menyusui. Sebutan sebagai hewan menyusui ini dikarenakan hewan mamalia memiliki ciri yang paling pokok yaitu memiliki kelenjar susu untuk jenis hewan betina. Klasifikasi mamalia, sebagian besar melahirkan dengan keturunannya, namun terdapat beberapa jenis mamalia yang tergolong kedalam jenis monotremata yang bertelur. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan ciri-ciri mamalia berikut ini.

Ciri-Ciri Mamalia

Ciri-ciri mamalia

Mamalia terdiri lebih dari 5.000 genus (jenis), yang tersebar dalam 425 keluarga dan juga hingga pada 46 ordo, meskipun begitu hal tersebut tergantung dari klasifikasi ilmiah yang dipakai.Mamalia ialah semua turunan dari mamalia therian (berplasenta dan berkantung atau marsupial) dan juga nenek moyang monotremata (seperti echidna). Berikut ciri-ciri mamalia, antara lain :

1. Hewan Verterbrata

Mamalia juga termasuk jenis hewan vertebrata karena hewan ini memiliki tulang belakang pada tubuhnya.

2. Terdapat Tiga Kategori Berdasarkan Tipe Makanannya

Hewan mamalia dengan jenis makanan tumbuhan biasa disebut dengan herbivora, hewan dengan jenis makanannya berupa daging biasa disebut karnivora, sedangkan hewan dengan pemakan segala jenis makanan biasa disebut dengan omnivore. Baca Juga Struktur Tubuh Porifera

3. Diagram Otot

Hewan mamalia juga memiliki diagram otot yang memiliki fungsi untuk memisahkan kinerja jantung dan paru-paru dengan rongga rongga otot yang dimilikinya.

Baca juga  Tujuan Pembelahan Sel (Lengkap)

4. Memiliki Rambut

Ciri yang paling jelas terlihat pada hewan mamalia adalah adanya rambut yang menutupi tubuhnya. Rambut pada hewan ini berfungsi untuk melindungi kulit serta mengatur suhu tubuh pada hewan tersebut.

5. Memiliki Kelenjar Susu

Sebagai jenis hewan menyusui, hewan mamalia ini memiliki kelenjar susu pada hewan mamalia betina. Susu yang diproduksi ini digunakan untuk memberikan nutrisi kepada anak mereka.

6. Hidup Berkelompok

Hewan mamalia juga dikenal sebagai

hewan yang selalu hidup dengan kelompoknya. Hewan ini juga termasuk dengan hewan yang tidak bisa hidup sendiri.

7. Reproduksi Seksual

Ciri selanjutnya dari hewan mamalia ini adalah proses reproduksi pada dirinya yang terjadi karena adanya fertilisasi internal pada hewan betina.

8. Memiliki Ukuran Otak Besar

Hewan mamalia juga diketahui memiliki ukuran otak yang lebih besar disbanding hewan vertebrata lainnya. Kelebihan yang dimiliki hewan ini tentunya berfungsi untuk menjaga kelangsungan hidup hewan mamalia ini.

9. Respirasi Dengan Paru-Paru

Hewan mamalia biasa melakukan pernafasan/respirasi menggunakan paru-paru. Baca Juga Perbedaan DNA dan RNA

10. Pembentukan Lemak

Hewan mamalia juga mampu membentuk lemak dalam tubuhnya apabila mereka mengkonsumsi makanan melebihi kebutuhannya. Hal ini yang biasa dimanfaatkan oleh manusia, dimana manusia memelihara hewan mamalia untuk dibuat gemuk, kemudian dijual dengan harga yang tinggi.

Contoh Hewan Mamalia

Jenis hewan mamalia tersebut terbagi dari 2(dua) golongan atau juga 2 (dua) kelompok yakni hewan mamalia pemakan daging dan juga hewan mamalia pemakan tumbuhan , antara lain sebagai berikut :

Contoh hewan mamalia pemakan tumbuhan antara lain , sebagai berikut :

  1. Banteng
  2. Jerapah
  3. Gajah
  4. Sapi
  5. Domba
  6. Kambing
  7. Antilop
  8. Kerbau
  9. Rusa

Contoh hewan mamalia pemakan daging antara lain , sebagai berikut:

  1. Serigala
  2. Anjing
  3. Dubuk
  4. Kucing
  5. Harimau
  6. Macan tutul
  7. Cheetah
  8. Cerpelai
  9. Singa
Baca juga  Ciri-ciri Bakteri dan Sejarahnya

Akhir Kata

Demikian yang dapat Ilmu Area bagikan, tentang Ciri-ciri mamalia dan contohnya, dimana mamalia memiliki ciri yang paling pokok yaitu memiliki kelenjar susu untuk jenis hewan betina. Klasifikasi mamalia, sebagian besar melahirkan dengan keturunannya, namun terdapat beberapa jenis mamalia yang tergolong kedalam jenis monotremata yang bertelur. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi ilmuarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.

Author: Lin Lin

The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.