Ciri Ciri Kanker Serviks, Tanda dan Gejalanya

Ciri Ciri Kanker Serviks, Tanda dan Gejalanya – Seperti yang kita tahu, Kanker Serviks merupakan penyakit yang di timbulkan oleh kanker yang bersarang di leher rahim yang terhubung ke Vagina.

Penyakit ini masuk ke dalam kategori penyakit yang mematikan. Pasalnya penyakit ini menjadi penyakit mematikan ke 2 bagi wanita di dunia saat ini.

Adapun penyebab utama penyakit ini adalah karena adanya inveksi virus HPV (Human Pavilloma Virus) yang menyerang pada bagian leher rahim yang lama-kelamaan menyebar dan menginfeksi bagian tubuh lain.

Di indonesia sendiri, jumlah penderita kanker serviks mencapai 30% dari semua jenis penderita kanker lainnya. Angka yang sangat menakutkan untuk tingkatan penyakit yang mematikan tentunya.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda mengetahui Gejala atau tanda-tanda awal munculnya kanker serviks sebelum meluas dan berevolusi menjadi ganas dan masuk ke stadium lanjut. Untuk informasi selengkapnya silahkan simak informasi di bawah ini.

Gejala Kanker Serviks

Tidak ada gejala khusus yang menandai penyakit ini, karena pertumbuhan sel abnormal yang ada pada leher rahim ini awalnya hanya menyebar di sekitaran leher rahim, jadi tidak akan menimbulkan gejala apapun.

Bahkan menurut studi kasus, 70% penderita kanker serviks datang ke dokter sudah dalam kondisi stadium lanjut.

Tanda-Tanda Kanker Serviks

Sel serviks yang masih dalam tahap awal dan belum menjadi sel kanker tidak akan menyebabkan gejala apapun, sebab itulah banyak penderita yang tidak mengetahui penyakit ini sejak dalam tahap awal.

ciri ciri kanker serviks

Padahal semakin cepat di ketahui keberadaannya, penyakit ini makin mudah pula di atasi.

Jika sel serviks yang abnormal ini di biarkan menyebar dan berkembang jadi kanker, maka pada tahapan awal akan muncul Tanda-Tanda seperti berikut

1. Pendarahan yang Tidak Wajar

Salah satu tanda-tanda kanker serviks adalah terjadi pendarahan di organ genital. Sesi pendarahan yang terjadi masih sangat jarang, namun akan bertambah parah jika di biarkan hingga memasuki stadium tingkat lanjut. Pendarahan ini di sebabkan karena adanya iritasi pada leher rahim.

Ciri ciri pendarahan pada vagina yang disebabkan oleh kanker serviks:

  • Datang tidak pada periode haid
  • Terjadi pada saat berhubungan badan
  • Terjadi setelah masa menepause
  • Terdapat campuran keputihan di darah
  • Masa haid yang jauh lebih lama dari pada biasanya.

2. Keputihan yang tidak normal dan berbau menyengat

Selain pendarahan yang sifatnya tidak wajar, keputihan yang tidak seperti biasanya juga menjadi salah satu ciri-ciri seorang wanita mengidap kanker serviks.

Kaputihan tersebut memiliki bau yang sangat tidak sedap dan menyengat, berwarna, dan lebih berlendir dari biasanya.

Wanita yang mengalami hal semacam ini bisa dipastikan mengidap kanker serviks.

3. Nyeri saat berhubungan Seks

Wanita yang mengidap kanker serviks juga akan merasakan sakit dan nyeri saat berhubungan intim. Adapun sakit yang di rasakan tidak seperti biasanya, yang di sertai dengan rasa perih.

Penyebabnya sama dengan yang sudah di jelaskan di poin di atas, yaitu terjadinya iritasi pada leher rahim.

4. Nyeri panggul, punggung dan kaki

Nyeri yang terpadi pada panggul, punggung dan kaki selama berjam-jam juga bisa di tandai sebagai ciri-ciri seorang mengidap kanker serviks. Jika anda mengalami hal semacam ini, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

5. Anemia ( kurang darah )

Menurunnya sel darah secara tiba-tiba juga bisa menjadi salah satu tanda adanya sel kanker serviks. Hal ini di sebabkan karena pendarahan pada rahim yang terjadi secara terus menerus.

6. Kesulitan saat buang air kecil

Salah satu tanda lainnya adalah kesulitan saat ingin buang air kecil, mungkin susah buang air kecil tidak selalu menjadi tanda kanker serviks, namun tidak ada salahnya untuk mewaspadai gejala-gejala yang terjadi

7. Meningkatnya Frekuensi BAK

Frekuensi buang air kecil yang meningkat, terutama untuk wanita yang tidak hamil bisa jadi salah satu tanda adanya kanker serviks pada rahim anda.

Karena, kondisi ini wajar jika di alami oleh wanita hamil. Jika anda tidak sedang hamil dan mengalami peningkatan frekuensi BAK secara signifikan dan tiba-tiba, bisa di pastikan anda mengidap kanker serviks stadium awal.

8. Perut Terasa Mual

Pengguna kanker serviks juga akan sering mengalami mual-mual, hal ini di karenakan adanya gangguan pencernaan bagi penderita kanker serviks stadium awal.

9. Bocornya urine atau feses ke Vagina

Penderita kanker serviks stadium lanjut akan mendapatu Feses atau Urine yang bocor ke dalam vagina, hal ini di karenakan adanya Vistula ( saluran abnormal yang menghubungkan antara rektum atau kandung kemih ke vagina ) karena penyebaran kanker serviks yang mulai meluas.

Kesimpulan

Ciri ciri kanker serviks memang sulit diketahui pada tahap awal, dan baru diketahui ketika sel telah menyebar dan menginfeksi bagian yang lebih luas. Jadi saran faktakanker sebaiknya anda melakukan tes secara rutin, terlebih anda merupakan salah satu wanita perokok, atau merasa faktor penyebab di atas menjadi bagian dari hidup anda.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.