7 Ciri-Ciri Enzim dan Penjelasannya

Ciri-Ciri Enzim dan Penjelasannya

Ciri-Ciri Enzim dan Penjelasannya – Kata Enzim tidak asing lagi di dengar oleh siapa pun, materi enzim biasa kita dapat pada pelajaran Biologi. Enzim berasal dari bahasa Yunani yaitu “enzyme” yang memiliki arti “di dalam sel”. Kebanyakan enzim adalah protein, tapi beberapa ribonucleic acid / asam ribonukleat (RNA) juga memiliki aktivitas katalitik.

Enzim adalah suatu biomolekul berupa protein yang berfungsi sebagai katalis (senyawa yang mempercepat proses reaksi tanpa habis bereaksi) dalam suatu reaksi kimia organik. Molekul awal yang disebut substrat akan dipercepat perubahannya menjadi molekul lain yang disebut produk.

Jenis produk yang akan dihasilkan bergantung pada suatu kondisi/zat, yang disebut promoter. Semua proses biologis sel memerlukan enzim agar dapat berlangsung dengan cukup cepat dalam suatu arah lintasan metabolisme yang ditentukan oleh hormon sebagai promoter.

Penjelasan Ciri-ciri Enzim

Dibawah ini adalan penjelasan tentang ciri-ciri enzim :

  1. Biokatalisator artinya enzim hanya dihasilkan oleh sel-sel mahkluk hidup yang digunakan untuk mempercepat proses reaksi.
  2. Protein artinya sifat-sifat enzim sama dengan protein yaitu dapat rusak pada suhu yang tinggi dan dipengaruhi pH.
  3. Bekerja Secara Khusus artinya enzim tertentu hanya dapat mempengaruhi reaksi tertentu, tidak dapat mempengaruhi raeksi lainnya. Zat yang terpengaruhi oleh enzim tersebut substrat. Substrat adalah zat yang bereaksi. Zat tersebut disebabkan oleh macam zat yang bereaksi di dalam sel sangat banyak, maka macam enzim pun banyak.
  4. Dapat Digunakan Berulang Kali artinya dapat digunakan berulang kali karena enzim tidak berubah pada saat terjadi reaksi. Satu molekul enzim dapat bekerja berkali-kali selama enzim itu tidak rusak.
  5. Rusak Oleh Panas artinya Enzim tidak tahan pada suhu tinggi, kebanyakan enzim hanya bertahan pada suhu 500C, rusaknya enzim oleh panas disebut dengan denaturasi,
  6. Tidak Ikut Bereaksi artinya enzim hanya diperlukan untuk mempercepat reaksi namun tidak ikut bereaksi.
  7. Cara kerja enzim sifatnya bolak-balik (reversible) artinya suatu enzim dapat bekerja dan melepaskan suatu senyawa selaku senyawa-senyawa lain dan sebaliknya pula dapat bekerja menyusun senyawa-senyawa itu menjadi senyawa semula.

Penutup

Demikian penjelasan tentang Ciri-Ciri Enzim dan Penjelasannya yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Semoga ilmunya bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.