Cara Rumus IF VLOOKUP bertingkat di Excel

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Cara Rumus IF VLOOKUP bertingkat di Excel, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Rumus IF VLOOKUP bertingkat

Rumus IF VLOOKUP bertingkat di Excel adalah rumus yang digunakan untuk mencari data berdasarkan beberapa kriteria atau kondisi yang berbeda. Rumus ini menggabungkan fungsi IF dan VLOOKUP dalam satu formula. Fungsi IF digunakan untuk menentukan syarat atau logika yang harus dipenuhi, sedangkan fungsi VLOOKUP digunakan untuk mencari data dari tabel referensi yang sesuai dengan syarat tersebut.

Contoh penggunaan rumus IF VLOOKUP bertingkat di Excel adalah sebagai berikut. Misalkan kita memiliki tabel data penjualan barang di beberapa gudang, dan kita ingin mencari jumlah penjualan barang tertentu di gudang yang dipilih. Kita bisa menggunakan rumus IF VLOOKUP bertingkat seperti ini:

=IF(C11=”Gudang 1″,VLOOKUP(C10,B2:E7,2,FALSE),IF(C11=”Gudang 2″,VLOOKUP(C10,B2:E7,3,FALSE),IF(C11=”Gudang 3″,VLOOKUP(C10,B2:E7,4,FALSE),”Gudang tidak ditemukan”)))

Rumus ini akan memeriksa isi sel C11, yang berisi nama gudang yang dipilih. Jika sel C11 bernilai “Gudang 1”, maka rumus akan menjalankan fungsi VLOOKUP dengan referensi pencarian C10 (nama barang), range referensi B2:E7 (tabel data penjualan), nomor kolom hasil 2 (kolom penjualan di Gudang 1), dan mode pencarian FALSE (pencarian eksak). Jika sel C11 bernilai “Gudang 2”, maka rumus akan menjalankan fungsi VLOOKUP dengan nomor kolom hasil 3 (kolom penjualan di Gudang 2). Jika sel C11 bernilai “Gudang 3”, maka rumus akan menjalankan fungsi VLOOKUP dengan nomor kolom hasil 4 (kolom penjualan di Gudang 3). Jika sel C11 tidak bernilai salah satu dari ketiga gudang tersebut, maka rumus akan menghasilkan pesan “Gudang tidak ditemukan”.

Dengan menggunakan rumus IF VLOOKUP bertingkat di Excel, kita bisa mencari data dengan lebih fleksibel dan dinamis sesuai dengan kriteria atau kondisi yang kita inginkan.

Baca Juga:  VGA yang Cocok untuk i5-3470

Baca juga : Cara Hide kolom di Google Spreadsheet di HP

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Cara Rumus IF VLOOKUP bertingkat di Excel. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Microsoft Excel berikutnya.