Cara Pencegahan Penyakit Influenza Agar Tidak Mudah Menyerang Tubuh Kita

Posted on

Jagoan Ilmu, Cara pencegahan penyakit influenza agar tidak mudah menyerang tubuh kita – Influenza merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang disebabkan oleh virus influenza. Penularan influenza sangat mudah karena bisa menular melalui udara pada saat orang berbicara, batuk dan bersin.

Lalu, bagaimana cara pencegahan penyakit influenza ? cara mencegah penyakit influenza agar tidak menyerang tubuh kita salah satunya dengan menjaga kebersihan. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan cara pencegahan penyakit influenza berikut ini.

Cara Pencegahan Penyakit Influenza Agar Tidak Menyerang Tubuh Kita

Cara Pencegahan Penyakit Influenza

Penyakit influenza pada umumnya tidak terlalu berbahaya dan akan sembuh dengan sendirinya setelah 1-2 minggu, yang menjadi masalah adalah gejala yang ditimbulkan oleh virus influenza ini sangat menggangu aktivitas sehari-hari.

Tetapi juga jangan dianggap remeh karena ada strain dari virus influenza ini yang cukup mematikan dan dapat menyebabkan konflikasi dengan yang lainnya. Berikut beberapa cara pencegahan penyakit influenza, antara lain :

1. Cuci Tangan

Sering mencuci tangan dengan sabun dan air dapat mengusir kuman yang menempel. Ketika mencuci tangan , lebih baik menggosokkan kedua tangan bersama-sama dengan penuh semangat selama 20 detik, kemudian mematikan keran dengan handuk. Sedangkan ketika Anda sedang bekerja, sempatkan diri Anda untuk selalu membersihkan permukaan benda-benda di sekitar Anda seperti keyboard, mouse komputer, telepon, gagang pintu, dan lain sebagainya.

2. Hindari Menyentuh Hidung, Mulut, Dan Mata

Jika Anda merasa tangan Anda tidak steril dari kuman dan belum sempat mencucinya, maka usahakanlah tangan Anda untuk menjauh dari hidung, mulut, dan mata Anda. Karena flu dan pilek dapat menyebar dari anggota-anggota tubuh tersebut. Jik Anda batuk atau bersin, usahakanlah untuk menggunakan tisu.

3. Membiasakan Pola Hidup Sehat

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup, makan makanan bergizi, minum air yang cukup, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Tetap terhidrasi, dengan minum delapan gelas air sehari dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Baca Juga Manfaat Air Wudhu Menurut Islam Bagi Kesehatan

Sedangkan berolahraga secara rutin seperti jalan cepat atau bersepeda dapat membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan virus. Namun, jangan terlalu berlebihan melakukannya, karena dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga 5 kali dalam seminggu selama 15-30 setiap sesinya sudah cukup untuk membuat tubuh tetap bugar.

4. Makan Yogurt

Yogurt bermanfaat untuk mencegah pilek, bakteri yang ada dalam yogurt dapat merangsang system kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Orang yang makan yogurt setiap hari diketahui 25% lebih sedikit yang terkena pilek.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih memang mempunyai banyak manfaat yang diantaranya adalah dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Usahakanlah minum air putih minimal 8 gelas/ harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan Anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Cara pencegahan penyakit influenza agar tidak mudah menyerang tubuh kita. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Kesehatan berikutnya.

Gravatar Image
Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.