Lin Lin The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.

Cara Option Trading Buat Pemula (Sendiri) Yang Benar

2 min read

option trading buat pemula

Jagoan Ilmu, Cara Option Trading Buat Pemula (Sendiri) Yang Benar – Option trading memang menggiurkan bagi mereka yang ingin keuntungan dengan waktu yang relatif cepat. Bukan dalam hitungan bulan atau tahun seperti investasi saham, tapi dalam hitungan hari minggu bahkan hari. Tapi, option trading buat pemula tidak sesederhana yang Anda bayangkan.

Trading ini memang menjanjikan keuntungan yang tidak terbatas. Berapapun kenaikan yang dialami saham yang kita beli optionnya, seluruhnya menjadi keuntungan kita. Tapi resikonya juga lumayan besar. Jika option expired misalnya, maka seluruh modal yang ditanamkan akan hangus tak tersisa. Dalam tulisan ini, akan kita option trading buat pemula. Terutama bagi Anda yang tertarik bermain di pasar modal.

option trading buat pemula

Apa Itu Option?

Sebelum masuk ke option trading buat pemula, sebelumnya mari membahas tentang option terlebih dahulu. Option adalah hak kepemilikan atas suatu produk pasar modal, dimana hak tersebut mencakup hak untuk menjual atau membeli pada waktu tertentu dan harga tertentu.

Misalnya kita memiliki stock option, atau opsi saham. Artinya kita memiliki hak atas saham tersebut. Hak memperjualbelikan saham tersebut pada tanggal tertentu. Hanya memiliki haknya. Bukan memiliki sahamnya. Option ini, selain berfungsi sebagai lindung nilai saham, juga sebagai asuransi. Seandainya nilai saham anjlok

pun, masih ada orang yang bersedia membeli saham tersebut dengan harga dan waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan saat membeli opsi sahamnya.

Kenapa Option Trading?

Jika tujuannya adalah investasi jangka pendek, maka trading stock option lebih masuk akan dibandingkan dengan trading saham. Yang jelas, membeli stock option jauh lebih murah daripada membeli saham. Selain itu option juga memiliki tanggal kadaluarsa, alias kepemilikan atas option berbatas waktu. Jadi lebih masuk akal bagi trader yang hanya ingin mendapatkan keuntungan dari jual beli, untuk membeli stock option daripada membeli sahamnya.

Baca juga  Bedakan Antara Saham Dan Option, Jangan Sampai Salah

Selain itu, jika merugi, kerugian yang diderita trader hanya sebesar dana yang digunakan untuk membeli option tadi. Misalnya trader menghabiskan, USD 100 untuk membeli stock option berjangka waktu 30 hari. Jika option tersebut katakanlah mengalami out of the money (kadaluarsa dan nilainya meningkat), kerugian yang diderita trader hanya sejumlah USD 100 tadi itu. Tidak ada kerugian atau denda lain yang harus dibayarkan trader akibat hal tersebut.

Sementara peluang profit yang bisa didapat tidak terbatas. Berapapun naiknya harga saham yang opsinya kita beli, semua akan

menjadi milik kita. Hal ini yang membuat option trading buat pemula jadi menggiurkan.

Selain itu option trading dilakukan pada malam hari mengikuti jam kerja di Amerika Serikat. Jadi trader juga relatif sudah lebih lapang dari pekerjaan lainnya. Selain itu, memantau trading ini hanya butuh 1-2 jam saja. Jadi Anda tidak perlu bersiap di depan komputer sepanjang malam. Kenapa harus mengikuti jam kerja di Amerika Serikat? Karena hingga saat ini option trading belum bisa dilakukan di pasar modal Indonesia. Para broker atau trader bisa melakukannya di negara lain, semisal Amerika Serikat dengan menggunakan perusahaan broker negara tersebut.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menjadi Traders Option

Sungguhpun pekerjaan ini menggiurkan, dapat dijadikan pekerjaan tambahan dan bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan utama. Sementara hasilnya tidak main-main, Anda tetap harus mempersiapkan diri.

1. Anda harus pintar membaca kondisi pasar. Naik turunnya harga saham tergantung pada kondisi dan tren pasar. Kemampuan menganalisis Anda sangat diperlukan di sini. Seringkali saham yang kita sangka akan naik, ternyata malah turun. Sementara Anda sudah menggunakan opsi call saat memulai transaksi. Atau bahkan sebaliknya.

Baca juga  Daftar Broker Saham Luar Negeri Terbaik

2. Trading options sarat akan spekulasi. Bukan jenis yang cenderung aman seperti saham. Jadi Anda harus siap dan tanggap pada perubahan pasar sekecil apapun. Jika Anda lebih suka main aman, jenis investasi ini kurang sesuai.

3. Keuntungan yang tinggi diiringi oleh resiko yang

tinggi pula. Ini adalah hukum investasi yang tak terbantahkan. Untuk Anda yang suka investasi yang memicu adrenalin, option trading sangat cocok.

4. Bagi pemula yang ingin mencoba peruntungan di option trading, sebaiknya sudah mengerti aturan main di pasar modal. Paling tidak sudah paham mekanisme di dalamnya, dan pernah bertransaksi saham atau produk dasar pasar modal lainnya. Karena walau dikatakan bisa untuk pemula, namun jenis investasi ini kurang dianjurkan untuk mereka yang benar-benar awam. Sebaiknya pelajari dahulu produk dasar pasar modal lainnya sebelum mencoba investasi ini.

5. Untuk tahap awal, jangan membeli option dalam jumlah banyak. Semakin besar modal maka akan semakin besar juga kerugian yang bisa Anda tanggung. Di awal permainan, saat Anda masih mencoba mengikuti ritme dan memahami aturan trading, tanamkan sedikit modal dulu. Sambil mengasah insting Anda, pelan-pelan Anda dapat meningkatkan modal jika ingin.

Baca juga Halal Haram Forex, Begini Sudut Pandang Agama Islam

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Cara Option Trading Buat Pemula (Sendiri) Yang Benar. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel saham berikutnya.

Lin Lin The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.