Cara Menggabungkan rumus IF dan SEARCH di Excel

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Cara Menggabungkan rumus IF dan SEARCH di Excel, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Menggabungkan rumus IF dan SEARCH

Rumus IF dan SEARCH adalah dua fungsi excel yang dapat digabungkan untuk melakukan pengujian logika berdasarkan teks. Rumus IF digunakan untuk mengembalikan nilai tertentu jika kondisi terpenuhi atau tidak terpenuhi. Rumus SEARCH digunakan untuk mencari posisi dari suatu teks di dalam data lain. Rumus SEARCH tidak membedakan huruf besar dan kecil, dan dapat menggunakan karakter wildcard.

Contoh penggunaan rumus IF dan SEARCH adalah sebagai berikut:

=IF(SEARCH(“excel”,A1)>0,”Mengandung excel”,”Tidak mengandung excel”)

Rumus ini akan mengembalikan nilai “Mengandung excel” jika teks di sel A1 mengandung kata “excel” di posisi apapun, dan mengembalikan nilai “Tidak mengandung excel” jika tidak. Rumus ini tidak memperhatikan huruf besar atau kecil dari kata “excel”. Jika ingin memperhatikan huruf besar atau kecil, gunakan rumus FIND.

Rumus IF dan SEARCH dapat digabungkan dengan fungsi lain, seperti AND, OR, atau ISNUMBER, untuk membuat pengujian logika yang lebih kompleks. Misalnya, jika ingin mengembalikan nilai “Lulus” jika teks di sel A1 mengandung kata “S1” atau “Wawancara”, dan nilai “Tidak lulus” jika tidak, gunakan rumus berikut:

=IF(OR(ISNUMBER(SEARCH(“S1”,A1)),ISNUMBER(SEARCH(“Wawancara”,A1))),”Lulus”,”Tidak lulus”)

Rumus ini akan menggunakan fungsi OR untuk mengecek apakah salah satu kondisi bernilai TRUE, yaitu teks di sel A1 mengandung kata “S1” atau “Wawancara”. Fungsi ISNUMBER digunakan untuk mengubah hasil SEARCH menjadi nilai logika, karena SEARCH akan menghasilkan angka jika teks ditemukan, dan #VALUE! jika tidak. Rumus IF akan mengembalikan nilai “Lulus” jika fungsi OR bernilai TRUE, dan “Tidak lulus” jika FALSE.

Baca Juga:  VGA yang Cocok untuk Intel Core i5-4570

Baca juga : Cara menggabungkan rumus if(and(vlookup hlookup dan sumif di Excel

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Cara Menggabungkan rumus IF dan SEARCH di Excel. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Excel berikutnya.