Cara Mengelas Plat Besi Tipis Agar Tidak Bolong Dengan Las Listrik

Posted on

Cara Mengelas Plat Besi Tipis – Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana untuk cara las tipis agar tidak bolong? Hal ini memang membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi. Anda pun harus berhati-hati saat melakukannya karena bersentuhan langsung dengan alat yang berbahaya. Kerjakan dengan metode yang benar untuk mendapatkan hasil las yang rapi.

Cara Mengelas Plat Besi Tipis

Semakin kecil ukuran plat yang akan dilas, semakin sulit pula pekerjaan untuk mengelasnya. Apalagi untuk plat tipis yang mempunyai ukuran ketebalan kurang dari 1 mm. Anda harus lebih teliti dan waspada dalam melaksanakan pengelasan sehingga hasilnya pun memuaskan. Khusus bagi Anda yang pemula, silahkan ikuti panduan dasar untuk mengelas plat yang mempunyai ketebalan kurang dari 1 mm.

Baca juga: Penjelasan Prinsip Kerja Sistem Generator Turbin Gas

Silahkan persiapkan bahan-bahan untuk pengelasan dan hasil las listrik yang baik, berikut bahannya:

1. Travo 900watt

Cara Mengelas Plat Besi Tipis
Travo

2. Ukuran dari kawat las 2mm

3. Mata / pelindung (penting bahwa mata Anda tidak terganggu las cahaya memukul sangat tajam).

4. Peralatan lainnya yang mungkin diperlukan.

5. Plat besi Bahan yang ingin pengelasan.

Cara Mengelas Plat Besi Tipis Agar Tidak Bolong

Langkah selanjutnya:

1. Bersihkan permukaan pelat yang ingin Anda untuk mengelas dari kotoran, ini penting karena akan mengurangi kualitas sambungan nantinya.

2. Setelah di bersihkan bahan, pasca las kawat 2mm stang untuk mengelas, menetapkan ukuran ampere dalam mesin las di 30-40 ampere,

3. Kemudian bergabung plat besi yang ingin Anda hubungkan.

Hati-hati saat pengelasan, tidak terlalu lama karena pengelasan yang terlalu panjang akan membuat media berlubang / meleleh, sehingga cara yang baik untuk mengelas plat tipis tidak Geber, di tig setiap selang dan tidak terlalu menekan, baik mengambang antara media dan kawat las. Setelah di tig mencoba untuk memeriksa koneksi dengan memukul tai td las yang menempel apakah hasilnya padat atau cahaya, jika cahaya berarti bahwa ada beberapa faktor yang berkontribusi:

  • Terlalu rengang ketika di tig
  • Faktor listrik tidak stabil
  • Faktor lain.

Selain cara mengelas besi agar tidak bolong, ada juga yang masih bingung dengan perbedaan kawat las RB dan kawat las LB. Penjelasannya ada di bawah ini:

Kawat las RB biasanya digunakan untuk pengelasan kontruksi umum seperti besi,pipa,plat,dll.
contoh RB-26 atau RD-260. Sedangkan kawat las LB biasanya digunakan untuk pengelasan kontruksi menengah dan umum seperti besi,plat,pipa,baja karbon,dll atau kontruksi yang membutuhkan kekuatan lebih dari konstruksi umum. Contoh LB-52 atau RD-360.

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai cara mengelas plat besi tipis agar tidak bolong dengan menggunakan las listrik demi hasil pekerjaan yang rapi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu Anda.

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *