12 Cara Mencegah Gempa Bumi

66 views

Cara mencegah gempa bumi, upaya mengatasi gempa bumi

Jagoan Ilmu, 12 Cara Mencegah Gempa Bumi – Tahukah Anda bagaimana cara mencegah gempa bumi ? Jika Anda belum mengetahuinya, tepat sekali Anda mengunjungi jagoanilmu.net karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang cara mencegah gempa bumi atau upaya mengatasi gempa bumi secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah ini :

Gempa Bumi adalah peristiwa bergetarnya kulit bumi atau kerak bumi akibat adanya energi dari dalam Bumi atau tenaga endogen maupun tenaga eksogen yang dirasakan hingga ke permukaan Bumi. Bumi seringkali mengalami gempa karena lempeng-lempeng tektonik yang berada di bawah Bumi mengalami gesekan, tumbukan, atau karena faktor lainnya. Gempa bumi juga termasuk salah satu peristiwa yang lebih dikenal dengan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia.

Mengapa Indonesia sering mengalami gempa bumi? hal ini karena letak Indonesia yang berada di jalur cincin api dan memiliki banyak gunung berapi aktif. Gunung berapi aktif akan sering menimbulkan gempa yang disebut dengan gempa vulkanik. Gempa Vulkanik menimbulkan banyak dampak atau akibat bagi bumi dan kehidupan manusia. Selain karena terdapat banyak gunung, Indonesia sering terjadi gempa karena letaknya yang berada di lempeng- lempeng bumi yang saling bergesekan.

Lalu, bagaimana cara mencegah gempa bumi ? Berikut cara mencegah gempa bumi atau upaya mengatasi gempa bumi, yakni :

  1. Membangun konstruksi bangunan yang tahan getaran atau gempa. Hal ini bisa dilakukan terutama di daerah-daerah yang rawan terjadi gempa bumi. sebagai contoh adalah Jepang. Jepang adalah negara yang sangat rawan terjadi gempa, dengan demikian bangunan- bangunan yang ada di Jepang pun dirancah agar tahan dengan gempa.
  2. Memperkuat bangunan agar sesuai dengan standar kualitas bangunan.
  3. Untuk fasilitas umum, harus dibangun dengan kualitas tinggi.
  4. Memperkuat bangunan- bangunan vital yang sifatnya penting dan sering dikunjungi banyak orang.
  5. Merencanakan penempatan pemukiman untuk mengurangi tingkat kepadatan hunian di daerah yang rawan gempa bumi.
  6. Zonasi daerah- daerah yang yang rawan gempa bumi dan juga pengaturan lahan.
  7. Membekali pendidikan kepada masyarakat tentang pentingnya mengetahui cara- cara penyelamatan ketika terjadi gempa bumi.
  8. Melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan juga praktek penyelamatan diri dari bencana gempa bumi.
  9. Turut serta dalam pelatihan berbagai program upaya penyelamatan, kewaspadaan masyarakat terhadap gempa bumi, dan juga dalam pelatihan pemadam kebakaran serta pertolongan pertama ketika menghadapi bahaya.
  10. Selalu mempersiapkan alat-alat yang penting, seperti pemadam kebakaran, peralatan penggalian, dan lainnya.
  11. Melatih anggota keluarga untuk melakukan kegiatan yang tanggap darurat.
  12. Pembentukan kelompok penyelamat bencana alam.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan tentang 12 Cara Mencegah Gempa Bumi. Dampak-dampak negatif dari gempa bumi perlu diminimalkan agar tidak menimbulkan banyak korban. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, sampai jumpa lagi pada artikel Geografi berikutnya.

Tags: #gempa bumi #Geografi #geography

Leave a reply "12 Cara Mencegah Gempa Bumi"

Author: 
author
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.