Yuk Ketahui, Apa Saja Gejala Penderita Flu

Jagoan Ilmu, Yuk ketahui, apa saja gejala penderita penyakit flu –  Sebelum kena gejala flu, kita harus tahu sebelumnya apa saja gejala penderita penyakit flu ?, Influenza atau flu adalah infeksi virus pada saluran pernapasan. Flu adalah kondisi yang datang secara tiba-tiba, biasanya berlangsung selama 7 sampai 10 hari.

Flu bisa hilang begitu saja dan ada yang diobati menggunakan obat obatan alami atau obat resep. Kebanyakan kasus flu umumnya bisa sembuh sepenuhnya. Lalu, apa saja gelaja penderita penyakit flu dan pilek ? Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan apa saja gejala penderita penyakit flu, berikut ini.

Apa Saja Gejala Penderita Penyakit Flu dan Pilek ?

Apa Saja Gejala Penderita Flu

Flu dan pilek adalah dua kondisi yang berbeda. Flu cenderung memiliki masa inkubasi yang lebih singkat dengan gejala yang lebih parah sehingga dapat menghambat rutinitas pengidapnya. Sedangkan pilek umumnya muncul secara bertahap dengan gejala yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berdampak kepada rutinitas pengidapnya.

Gejala penderita penyakit flu, antara lain :

1. Demam

Demam adalah tanda sistem imun tubuh sedang bekerja memerangi infeksi virus. Dalam beberapa kasus, gejala flu bisa mengakibatkan demam tinggi hingga mencapai 38º Celsius atau lebih. Meski begitu, tidak semua orang akan otomatis demam saat flu.

2. Batuk

Jangan sepelekan batuk yang kunjung berhenti. Batuk bisa menandakan serangan penyakit atau tanda adanya infeksi virus. Batuk gejala flu biasanya disertai dengan mengi (napas berbunyi ngik-ngik) dan dada sesak. Anda juga mungkin akan mengalami batuk berdahak, meski tidak selalu.

3. Sakit kepala

Ketika gejala flu sudah mulai parah, keluhan yang paling terakhir muncul biasanya adalah sakit kepala. Terutama jika flu Anda sampai membuat demam. Baca Juga Makanan yang dihindari Saat Flu

4. Kelelahan

Badan terasa sangat lelah padahal sedang tidak melakukan apa pun? Atau, Anda memang belakangan ini sedang kecapekan, tapi, kok, jadi bertambah parah?

Tanpa disadari, badan yang lemas dan cepat lelah juga bisa jadi pertanda gejala flu sedang menyerang. Gejala satu ini bahkan biasanya muncul paling pertama sebelum gejala-gejala di atas mulai menggerogoti tubuh. Begitu gejala flu lainnya mulai bertambah parah, kelelahan pun akan semakin terasa memayahkan.

5. Menggigil

Umumnya saat sedang demam tinggi, Anda juga akan merasa sangat kedinginan hingga mengigil. Badan menggigil sebenarnya adalah cara tubuh untuk mendinginkan demamnya. Kadang, demam dan panas dingin juga ikut disertai oleh nyeri otot serta ngilu di sekujur tubuh.

6. Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah satu gejala awal flu, karena batuk terus-terusan akan membuat tenggorokan teriritasi dan terasa gatal. Selain itu, sakit tenggorokan juga akan membuat Anda susah menelan saat makan dan minum. Sakit tenggorokan cenderung bertambah parah seiring dengan semakin parahnya flu Anda.

7. Sulit tidur

Sebagian besar penderita flu pulih dalam waktu kurang dari satu minggu.Meskipun begitu, sejumlah orang ada yang masih mengalami batuk atau rasa lelah hingga beberapa minggu ke depan.

8. Bersin-bersin, hidung tersumbat, atau hidung beringus

Gejala ini biasanya yang sering terjadi ketika sakit kepala melanda pada saat flu menjelang beberapa hari bersin-bersin dan hidung tersumbat pun datang menghampiri. Jadi, perbanyak istirahat dan banyak minum air putih.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Apa saja gejala penderita penyakit flu. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Kesehatan berikutnya.

Author: Admin Jagoan Ilmu

Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.