Apa Itu Pedodontik Dalam Dunia Kedokteran Gigi

Apa Itu Pedodontik? Pedodontik adalah cabang kedokteran gigi yang berhubungan dengan perawatan gigi untuk pasien dalam grup khusus – dari bayi, balita, anak-anak hingga ke masa remaja (pasien yang berusua dibawah 18 tahun). Mereka biasanya juga dikenal sebagai dokter gigi anak. Mereka juga terlatih dalam penanganan pasien dengan kebutuhan khusus termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik dan mental.

Membangun rasa kepercayaan Anak kepada dokter gigi sangatlah penting. Dokter gigi pediatrik terlatih dalam pertumbuhan anak, pengendalian psikologi dan perilaku anak. Klinik didesain agar terlihat lebih ramah untuk anak-anak, dan komunikasi secara verbal dan non-verbal digunakan. Mereka juga dilatih dalam pengelolaan perilaku farmakologis.

Anak Kecil

Dokter gigi anak memegang peranan penting dalam pemeliharaan gigi susu dan dalam mencegah kerusakan gigi. Mereka juga memantau pertumbuhan dan perkembangan gigi dan rahang anak. Hal ini akan membantu dalam mencegah, atau mencegat kebiasaan yang tidak normal dan merencanakan koreksi yang diperlukan untuk setiap ketidaknormalan yang mungkin mempengaruhi pertumbuhan di masa depan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kesehatan mulut yang buruk pada anak dapat menyebabkan gangguan kinerja sekolah dan hubungan sosial yang buruk.

Disaat seorang anak masih kecil, fokus dari dokter gigi anak-anak meliputi:

  • Penjagaan kesehatan mulut – menekankan cara menyikat gigi yang benar, floss, dan pentingnya fluoride, dan
  • Menanamkan kebiasaan makan yang sehat, seperti bayi seharusnya tidak diperbolehkan untuk tertidur dengan botol minum didalam mulut mereka.

Jika gigi primer (gigi susu) dipelihara dengan baik maka gizi yang baik, perkembangan bicara dan ruang untuk pertumbuhan gigi permanen akan berjalan lancar.

Anak Remaja

Peran dokter gigi bagi anak Anda berubah ketika anak-anak memasuki masa remaja. Menyadari pentingnya penampilan dan citra diri, dokter gigi anak membahas masalah-masalah gigi seperti kebiasaan ngemil yang tidak baik dan konsumsi minuman, restorasi estetika, gigi bungsu, cedera olahraga di bagian mulut, tindikan di mulut dan merokok.

Anak dengan Kondisi Medis Khusus

Anak-anak dengan kebutuhan khusus membutuhkan janji temu dengan dokter gigi yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka. Dokter gigi anak yang memahami bagaimana mengakomodasi kekurangan anak dan mendorong penggunaan kemampuan dia yang apa adanya akan menghasilkan lingkungan yang aman dalam mengobati anak-anak dalam kategori ini dengan sukses.

 

Sumber : https://www.specialistdentalgroup.com/id/2011/10/15/bahasa-indonesia-peranan-seorang-dokter-gigi-anak/

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.