Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan

1 min read

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan – Hallo guys, bertemu lagi dengan saya, kali ini saya akan menjelaskan tentang Konsep Amdal, Kegunaan Amdal, dan Peranan Amdal. Simak penjelasan dibawah ini yah.

 A. Konsep Dasar Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)

AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), lahir dengan diundangkannya undang-undang tentang lingkungan hidup di Amerika Serikat, yaitu National Environmental Policy act (NEPA) pada tahun 1969.

Menurut undang-undang No. 223 Tahun 1997 AMDAL adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaran usaha dan kegiatan dalam pelaksanaannya AMDAL yaitu proses pengkajian kepada yang mempertimbangkan aspek ekonomi, sosial budaya dan sosial ekologi sebagai pelengkap studi kelayakan suatu rencana usaha atau kegiatan. Ada 3 kata kunci yang harus diperhaitkan dalam AMDAL, yaitu : 1). Kajian dampak besar dan penting 2). Kegiatan yang direncakan 3). Penting bagi pengambilan keputusan.

Maksud dari AMDAL adalah untuk menjamin agar suatu usaha/kegiatan pembangunan dapat beroperasi secara berkelanjutan tanpa merusak dan mengorbankan lingkungan atau dengan kata lain usaha atau kegiatan tersebut layak dari aspek lingkungan hidup melalui pengkajian AMDAL.

B. Kegunaan AMDAL

AMDAL mempunyai kegunaan di berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat dan pemrakarsa proyek.

1. Kegunaan Bagi Pemerintah

 

  • Sebagai alat pengambilan keputusan tentang kelayakan lingkungan dari suatu rencana usaha atau kegiatan.
  • Merupakan bahan masukan dalam perencaan pembangunan wilayah.
  • Untuk mencegah agar potensi sumber daya alam disekitar lokasi proyek tidak rusak dan menjaga  kelestarian lingkungan hidup.

 

2. Kegunaan Bagi Masyarakat

 

  • Dapat mengetahui rencana pembangunan didaerahnya sehingga dapat mempersiapkan diri untuk berpartisipasi.
  • Mengetahui perubahan lingkungan yang akan terjadi dan manfaat serta kerugian akibat adanya suatu kegiatan.
  • Mengetahui hak dan kewajiban didalam hubungan dengan usaha dan atau kegiatan didalam menjaga dan mengelola kualitas lingkungan.

 

3. Kegunaan Bagi Pemrakarsa

 

  • Untuk mengetahui masalah-masalah lingkungan yang akan dihadapi pada masa yang akan datang.
  • Sebagai bahan untuk analisis pengelolaan dan sasaran proyek.
  • Sebagai pedoman untuk pelaksanaan pengelolaan dan pemantauan lingkungan.

 

C. Peranan AMDAL dalam Perizinan

Agar pelaksaan AMDAL berjalan efektif dan dapat mencapai sasaran yang diharapkan, pengawasannya dikaitkan dengan mekanisme perizinan. Oleh karena itu, lalu izin melakukan usaha atau kegiatan baru dapat diterbitkan bila hasil studi AMDAL menyatakan bahwa rencana usaha atau kegiatan tersebut layak lingkungan. Untuk menjamin pelaksanaannya dilapangan, maka berbagai persyaratan dan ketentuan yang tercantum dalam dokumen RKL dan RPL wajib dicantumkan sebagai ketentuan dalam perizinan dalam izin.

Demikian pemaparan singkat dari saya tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan, semoga bermanfaat yah.

(Jagoan Ilmu)

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.