Alat Pengamanan Suhu Lebih Pada Generator dengan Mikrokontroler Atmega8

Alat Pengamanan Suhu Lebih Pada Generator dengan Mikrokontroler Atmega8

Alat Pengamanan Suhu – Perkembangan ilmu elektro belakangan ini juga semakin berkembang dengan pesat. Sehingga, membuat beberapa pengaruh pada kehidupan masyarakat. Salah satunya untuk melangkah lebih maju (modernisasi), berfikiran praktis dan simpel. Hal tersebut akan membutuhkan sarana pendukung yang lebih sederhana, praktis, dan tentunya membutuhkan teknologi yang tinggi. Salah satunya adalah, teknologi komunikasi elektronika yang berperan di segala bidang kehidupan manusia.

Generator dalam Kehidupan Manusia

Generator menjadi alat bantu teknologi yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Dimana untuk mengamankan beban yang terpasang dan juga generator itu sendiri. Generator merupakan komponen yang sangat penting dalam sistem tenaga listrik karena berperan dalam penyediaan energi listrik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga kinerja dan keandalannya adalah suatu hal yang sangat penting. Generator juga memiliki konstruksi yang kompleks dan besar. Generator memiliki peran yang penting dalam tenaga listrik. Maka tak heran jika dibutuhkan perawatan khusus dalam menangani permasalah pada generator. Artikel berikut ini akan membahas tentang Alat Pengamanan Suhu Lebih Pada Generator dengan Mikrokontroler Atmega8.

Alat Pengamanan Suhu Lebih Pada Generator dengan Mikrokontroler Atmega8.

Ada pun sistem proteksi generator harus memenuhi dua kriteria, yaitu mesti cukup sensitivitas untuk mendeteksi semua jenis gangguan pada generator, sedangkan di sisi lain tidak mengganggu jalannya sistem saat terjadi gangguan yang tidak terlalu parah. Nah, salah satu gangguan paling sering terjadi adalah kenaikan suhu berlebih pada generator. Pada umumnya masalah yang terjadi adanya kerusakan atau tidak lancarnya pada sistem pendingin ataupun adanya kerusakan isolasi pada lapisan inti.

Adanya pemanasan berlebih yang di sebabkan karena kerusakan isolasi dari lapisan inti yang terjadi hanya setempat, sukar di deteksi kecuali telah terjadi kerusakan pada isolasi lilitan stator dan terjadi hubung singkat lilitan stator ke tanah. Maka dari itu diperlukan pengaman generator yang dapat mendeteksi suhu tinggi pada generator sebelum terjadi kerusakan pada generator. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi rangkaian elektronik berbasis mikrokontroler.

Mikrokontroler memiliki fungsi sebagai pengontrol dan pengolah data dari inputan sensor suhu. Berdasarkan latar belakang serta pertimbangan tersebut maka dirancang suatu alat yang dapat memproteksi generator dari suhu tinggi. Ada pun tujuan dari perancangan sistem ini adalah untuk membuat sistem pengaman pada generator yang berfungsi untuk melindungi generator itu sendiri dari berbagai kerusakan yang di akibatkan oleh suhu tinggi.

Dengan menggunakan alat yang berbasis Mikrokontroler Atmega8”, maka dibutuhkan:

  1. Sistem Kendali dengan Pengendali utama Mikrokontroller dari ATMEL, yaitu Atmega8.
  2. Sensor suhu, yang dalam perancangan ini akan dirancang untuk menggunakan LM35 yang telah banyak tersedia di pasaran.
  3. Software yang digunakan dalam Mikrokontroller Atmel ATmega 8 adalah Software dengan bahasa C.
  4. Saklar Relaymenggunakan magnetic contactoryangdigunakan untuk melepas rangkaian beban pada generator.
  5. LCD Display yang berfungsi sebagai tampilan.
  6. Tombol reset yang di gunakan untuk mereset program pada mikrokontroler Atmega8.
Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.