Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

Tips Agar Tidak Mudah Flu Pada Musim Hujan

1 min read

Agar Tidak Mudah Flu

Jagoan Ilmu, Tips agar tidak mudah flu pada musim hujan – Tahukah Anda tips agar tidak mudah flu ? Sekarang ini cuaca tidak menentu, kadang hujan kadang panas. Dalam kondisi ini daya tahan tubuh bisa menurun drastis. Virus flu pun dengan mudah menyerang. Ada beberapa cara agar tidak mudah flu dan batuk. Berikut penjelasan agar tidak mudah flu.

Tips Agar Tidak Mudah Flu dan Batuk

Agar Tidak Mudah Flu

 

Cara atau tips agar tidak mudah flu dan batuk antara lain :

1. Minum banyak cairan

Konsumsi banyak cairan dapat membantu menipiskan lendir yang ada di dalam tubuh ketika Anda sakit. Anda dapat mengkonsumsi cairan apa saja setidaknya minimal 2 liter per hari, terutama air putih.

2. Minum teh hangat

Satu tips sederhana untuk tetap sehat di musim batuk dan flu adalah dengan minum teh hangat, baik teh hitam ataupun hijau dengan tambahan lemon dan madu. Tanpa Anda sadari, minum teh dan menghirup uap teh dapat merangsang folikel silia rambut di hidung lebih efisien dalam menghilangkan kuman atau bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Tambahan lemon pada teh yang Anda buat dapat menghilangkan lendir, sementara madu merupakan antibakteri.

3. Cuci tangan pakai sabun

Salah satu tips sederhana lainnya untuk tetap sehat di musim batuk dan flu adalah dengan menggunakan masker dan tidak berjabat tangan dengan orang yang sakit karena Anda pasti tahu bahwa biasanya, orang yang batuk dan bersin akan menutup mulut dengan kedua tangan mereka. Untuk itu, hindari berjabat tangan dengan orang yang sakit batuk atau pilek untuk mencegah penularan batuk dan pilek.

4. Jangan biasakan pegang hidung atau mata Anda

Anda pasti mengetahui bahwa virus flu dapat memasuki tubuh melalui mata dan hidung. Sehingga, jika Anda tidak dianjurkan untuk menyentuh wajah Anda khususnya mata atau hidung karena Anda tidak tahu apakah di tangan Anda terdapat kuman batuk atau pilek. Baca Juga Cara Pencegahan Penyakit Influenza

Jika Anda menyentuh wajah Anda khususnya mata atau hidung, maka Anda dapat menularkan virus batuk atau pilek ke dalam tubuh Anda. Dengan tidak menyentuh hidung atau mata, Anda dapat mengurangi peluang Anda untuk tertular batuk atau pilek.

5. Ketuk dada Anda

Tanpa Anda sadari, ada titik akupresor di tengah dada Anda pada tingkat rusuk ketiga. Cobalah untuk mengetuk bagian tersebut secara lembut sekitar satu menit setiap beberapa jam. Hal tersebut akan merangsang kelenjar timus untuk menghasilkan sel T yang dapat menyerang kuman atau bakteri.

6. Tidur cukup

Tidur yang cukup; termasuk untuk mencegah tertularnya batuk dan pilek. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk tidur yang cukup karena sebuah studi yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam hampir tiga kali lebih rentan terhadap pilek dibandingkan dengan orang yang tidur cukup delapan jam sehari.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Tips agar tidak mudah flu pada musim hujan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Kesehatan berikutnya.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/agar-tak-tertular-sakit-musim-flu-batuk/

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.