ada berapa warna pelangi

Ada Berapa Warna Pelangi ?

Jagoan Ilmu – Tahukah anda ada berapa warna pelangi?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang ada berapakah jumlah warna pelangi. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai ada berapa macam macam warna pelangi secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

ada berapa warna pelangi

Ada Berapakah Warna Pelangi?

Jumlah total warna yang bisa dilihat mata kita dalam pelangi adalah 7. Warna selalu terlihat dalam urutan yang sama yaitu:

  1. Merah
  2. Jingga
  3. Kuning
  4. Hijau
  5. Biru
  6. Nila
  7. Ungu

Tambahan Penjelasan Mengenai Warna Pelangi

Jika kita perhatikan baik-baik ternyata wajar masing-masing orang memiliki persepsi yang berbeda terhadap warna pelangi. Mengapa demikian? Nah, mari kita telusuri kaidah kombinasi warna. Menurut Wikipedia berbahasa Indonesia warna primer itu adalah Merah, Kuning, dan Biru.

Walaupun pada dasarnya Merah, Kuning, dan Biru bukanlah warna pigmen primer, karena warna pigmen primer adalah Magenta, Kuning,

dan Cyan. Kita sepakat saja karena warna Magenta sering kita sebut Merah dan Cyan sering kita sebut Biru. Sekarang bagaimana dengan Hijau? Walaupun Hijau bukan warna pigmen primer, tetapi dia adalah warna primer cahaya bersama dengan biru. Selain warna yang disebutkan di atas, maka mereka termasuk ke dalam warna tersier atau campuran.

Sekarang kita lihat dulu pengertian pelangi. Menurut Wikipedia pelangi adalah gejala optik dan meteorologi yang menyebabkan spektrum dari cahaya yang hampir kontinyu untuk muncul di langit waktu matahari bersinar ke titik air hujan yang jatuh. Dalam hal ini Wikipedia juga masih menyebut warna pelangi ada tujuh, yaitu “Dari peristiwa yang menyebabkan sinar monokromatik menjadi 7 sinar polikromatik”.

Baca juga  Pengetahuan Dasar Geografi Lengkap

Nah, dari

penjelasan warna dan pengertian pelangi di atas, mari kita lihat lebih jauh ada apa dengan warna pelangi. Dari penjalasan di atas kita berpedoman pada dua kata kunci, yaitu “WARNA” dan “CAHAYA”. Sekarang kita coba bedah masing-masing warna pelangi. Kita mulai dengan Merah, sudah kita ketahui Merah adalah warna pigmen primer.

Kemudian Jingga (Orange) adalah warna tersier campuran antara Merah dengan Kuning. Sementara Kuning seperti kita ketahui juga warna pigmen primer. Selanjutnya, kita lihat Hijau. Warna Hijau merupakan campuran warna Kuning dengan Biru. Sementara Biru juga masih merupakan warna pigmen primer. Selanjutnya, Nila (Indigo) atau biru gelap.

Jika Nila dicampur dengan Hijau maka hasilnya Biru. Artinya Nila (indigo) atau biru gelap masih tergolong dalam “Biru”. Terakhir adalah Ungu (Violet). Sekarang timbul pertanyaan campuran dari warna apakah sehingga timbul Ungu? Tentunya kita akan menjawab Ungu adalah campuran warna Biru dengan Merah. Tetapi warna Biru dan Merah tidak dipisahkan oleh Ungu.

Jika kita perhatikan warna pelangi, maka kita dapatkan warna

Biru dan Merah saling berbeda sisi. Kalaupun kita berpendapat bahwa setelah Ungu adalah Merah, atau kita menganggap ada satu pelangi lagi di sebelahnya sehingga yang muncul nanti adalah warna merah dulu. Nah, kalau anggapan kita seperti itu maka salah besar. Coba kita perhatikan secara seksama, maka setelah Biru ada Ungu, setelah itu Biru lagi, meskipun samar-samar.

Baca juga Dari Mana Asal Ketujuh Warna Pelangi?

Warna apa saja yang ada di pelangi?

Merah Jingga Kuning Hijau Biru Nila Ungu

Warna keempat dari pelangi?

Warna hijau selalu muncul keempat

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang ada berapa jumlah warna dalam pelangi. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pelangi berikutnya.

Baca juga  Contoh Pendekatan Ekologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

*Sumber Google