7 Warna Pelangi, Urutan, Penjelasannya dan Gambarnya

Posted on

Jagoan Ilmu, 7 Warna Pelangi, Urutan, Penjelasannya dan Gambarnya – Tahukah anda 7 warna pada pelangi?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang 7 warna pelangi beserta urutannya. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai warna pelangi secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

7 Warna Pelangi, Urutan, Penjelasannya dan Gambarnya

Warna Pelangi dan Urutan Yang Benar

Berikut urutan 7 warna pelangi (mejikuhibiniu):

1. Merah

7 warna pelangi

Urutan warna pelangi berdasarkan panjang gelombang di awali dari merah, warna yang membentuk lengkungan luarnya dan memiliki panjang gelombang terpanjang. Ini adalah salah satu warna yang paling menonjol yang ditampilkan pada mata manusia saat melihat pelangi. Dalam kebanyakan situasi, Anda akan selalu bisa melihat warna merah di pelangi, bahkan jika warna lain tidak terlihat.

Asal muasal warna merah terbentuk karena perpaduan magenta dan cyan. Magenta berasal dari atmosfer bumi. Di lapisan ozon terdapat sinar ultraviolet yang terkumpul akibat radiasi sinar matahari. Ultraviolet bertemu birunya langit akhirnya terbentuk warna merah pada pelangi.

Susunan warna mejikuhibiniu yang menempati urutan pertama adalah merah. Hal ini dikarenakan dalam proses pembentukan pelangi, sinar ultraviolet dan birunya langit menjadi pendonor terbesar pada rangkaian warna. Jika pelangi diperhatikan secara seksama, nampak jelas bahwa pembagian warnanya paling tebal adalah merah. Maka dari itu unsur warna pada pelangi, merah menjadi komponen terpenting.

2. Jingga

Jingga selalu menjadi warna kedua pelangi, muncul di samping warna merah. Terkadang sulit membedakan jingga dalam pelangi karena sangat menyatu dengan warna merah. Seringkali terlihat seperti warna merah di pelangi yang memudar, saat benar-benar memudar baru terlihat jingga.

Baca juga  5 Manfaat Lapisan Troposfer Bagi Kehidupan Manusia di Bumi

Warna jingga dalam susunan struktur pelangi menempati urutan ke 2. Asal warna jingga dari bara api matahari yang sinarnya masuk permukaan bumi. Istilah jingga mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Penamaan jingga lebih mudah disebut oranye agar seluruh lapisan masyarakat memperoleh gambarannya. Pada saat kenampakan pelangi pudar, jingga menjadi warna yang terkahir menghilang wujudnya.

3. Kuning

Kuning adalah warna berikutnya pada pelangi setelah oranye; Ini adalah warna yang sangat menonjol di kebanyakan pelangi. Ini cenderung menonjol dan biasanya terlihat, tapi kuning terkadang sulit dilihat pada pelangi berwarna terang atau pelangi yang muncul di samping langit yang cerah, karena warna kuningnya bisa memudar.

Membuat warna kuning secara manual cukup dengan mencampurkan warna hijau dan biru. Dengan kata lain, spektrum warna kuning yang nampak pada tampilan pelangi bisa dikatakan berasal dari evaporasi zat hijau daun mengenai birunya langit. Warna kuning bersifat mudah mengalami kamuflase. Sehingga saat kenampakan pelangi mulai pudar, kuning menjadi warna yang pertama kali hilang.

4. Hijau

Hijau bisa ditemukan di setiap pelangi di sebelah kuning. Terkadang sulit untuk melihat warna hijau diatas langit biru yang cerah, tapi warnanya lebih menonjol dari yang lain. Ini cenderung menonjol karena merupakan warna spektrum “keren” pertama; Ini kontras dengan warna menyala yang duduk di atasnya pada pelangi.

5. Biru

Biru adalah warna kelima dari pelangi dan yang mudah dikenali; Seringkali warna biru pada pelangi bisa menyatu dengan warna biru di langit. Biru lebih mudah dilihat di pelangi yang muncul saat langit lebih abu-abu warnanya.

Warna biru yang terdapat di struktur spektrum pelangi berasal dari evaporasi zat hijau daun bercampur dengan sinar matahari. Terkadang pelangi tidak menampakkan warna biru, sebab wujud dari awal sudah berkamuflase dengan background berupa pelangi.

Baca juga  Efek Rumah Kaca: Pengertian, Proses, Penyebab dan Penanggulangan

6. Nila

Nila adalah warna terakhir dari pelangi dan merupakan panjang gelombang antara kedua warna di kedua sisi itu, biru dan ungu. Nila adalah salah satu warna yang paling mudah dilupakan dari pelangi karena sering tak terlihat oleh mata manusia saat melihat pelangi.

Warna nila pada susunan struktur pelangi berasal dari ultraviolet pada lapisan atmosfer bumi yang mengalami degradasi karena proses presipitasi air hujan.

warna pelangi 2

7. Ungu

Ungu adalah warna terakhir dari pelangi, yang membentuk garis besar lengkungan pelangi. Panjang gelombangnya adalah yang terpendek dari warna pelangi. Terkadang bisa berbaur dengan warna pelangi biru dan nila, tapi sering terlihat dengan mata terbuka dan akan menempel pada warna lainnya yang cukup untuk membedakanya. Seringkali warna violet pelangi yang terang akan menonjol menghadap awan putih.

Susunan struktur pelangi mendapatkan warna ungu dari gelombang sinar ultraviolet matahari.

Baca juga Dari Mana Asal Ketujuh Warna Pelangi?

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang 7 Warna Pelangi, Urutan, Penjelasannya dan Gambarnya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel pelangi berikutnya.